Wednesday 17 October 2018

Pengertian dan Metode Pengelasan

Pengertian Las

Apa sih pengertian dari Las?
Berdasarkan definisi beberapa ahli yang saya kutip, seperti menurut Harsono dkk mendefinisikan bahwa: "Las adalah ikatan metalurgi pada sambungan logam paduan yang dilakukan dalam keadaan lumer atau cair". Sedangkan menurut Maman Suratman mengatakan bahwa: "Mengelas ialah salah satu cara menyambung dua bagian logam secara permanent dengan menggunakan tenaga panas".

Jadi kesimpulannya Las adalah Suatu metode penyambungan logam atau besi secara permanent dengan cara dipanaskan.

Jenis-jenis atau metode pengelasan

Saat ini teknik pengelasan sudah banyak membantu pekerjaan kita baik dalam pembuatan barang ataupun perbaikan. Olehkarena itu pastinya banyak jenis-jenis dari pengelasan sebagai cara yang kita butuhkan untuk membantu dalam pekerjaan kita, berikut ini adalah macam-macam dari metode pengelasan:

  1. Las Karbit adalah Proses penyambungan logam dengan logam yang menggunakan Gas Aseteline C2H2 (Gas Karbit) sebagai media bahan bakarnya. Untuk proses pengelasannya ialah Gas karbit yang telah dibakar dengan mencampurkan Gas O2 sehingga menimbulkan nyala api hingga mencapai suhu yang dibutuhkan untuk mencairkan logam induk dan logam pengisi.
  2. Las Listrik adalah proses peyambungan logam dengan cara pelelehan yang diperoleh dari perbedaan tegangan antara tangkai las dengan logam yang akan di las. Medianya menggunakan elektroda/kawat las yang ditempelkan dengan logam sehingga menimbulkan bunga api permanent yang berasal dari arus listrik. Selama melakukan pengelasan, tetesan elektroda tersebut akan menjadi kumpulan cairan logam.
  3. Las Gesekan, pada las gesekan panas yang timbul akibat gesekan kedua bagian logam yang akan disambung dengn beeputar dalam kecepatan tinggi. Nantinya panas hasil gesekan tersebut akan melelehkan logam dan bila diberikan sedikit tekanan maka akan terjadi sambungan. Apabila logam mulai meleleh koefisien gesekan akan turun dan pertambahan panas akan berhenti, sehingga bahan tidak mungkin kepanasan. Biasanya las gesekan digunakan dalam industri mobil untuk menyambung as, komponen bak persneling dan kolom kemudi.
  4. Las Termit adalah proses penyambungan antara 2 batang rel melalui suatu reaksi kimia menggunakan besioksida dengan bubuk aluminium (termit). Hasil reaksi tersebut berupa besi ditambah dengan kerak kimia Al2O3 serta panas yang terjadi cukup untuk mencairkan besi yang berada disekitar rel yang pada gilirannya akan memadukan besi hasil reaksi dengan rel.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian las dan jenis-jenis metode pengelasan. Semoga bermanfaat. 

Terima kasih.