Thursday 18 October 2018

Proses Pengelasan


Bagaimana Proses dari Pengelasan?


Pasti banyak dari kalian yang belum mengetahui bagaimana proses dari pengelasan yang sudah sering kalian temui dibeberapa teknik pengerjaan yang menggunakan pengelasan salah satunya Bengkel Las. Proses pengelasan tersebut berkaitan dengan lempengan logam yang dibuat dari kristal besi dan karbon sesuai struktur mikronya, dengan bentuk dan arah tertentu. Lalu sebagian dari lempengan logam tersebut dipanaskan menggunakan suhu tertentu hingga meleleh. Apabila tepi lempengan logam itu disatukan maka akan terbentuk sambungan. 


Pada umumnya, pada proses pengelasan juga ditambahkan dengan bahan penyambung seperti kawat atau batang las elektroda (las listrik). Bila campuran tersebut sudah dingin, molekul kawat las yang semula merupakan bagian lain nantinya akan menyatu.

Proses pengelasan tidak sama dengan menyolder, karena untuk menyolder bahan dasarnya tidak meleleh. Sambungan terjadi dengan melelehkan logam lunak misalnya timah, yang meresap ke pori-pori di permukaan bahan yang akan disambung. Setelah timah solder dingin maka terjadilah sambungan. Perbedaan antara solder keras dan lunak adalah pada suhu kerjanya di mana batas kedua proses tersebut ialah pada suhu 450 derajat celcius. Pada pengelasan, suhu yang digunakan jauh lebih tinggi, antara 1500 hingga 1600 derajat celcius.

Demikian proses dari pengelasan yang saya sampaikan, semoga berguna dan bermanfaat.
Terima kasih.