Friday 10 May 2019

Definisi dari Las Listrik itu apa?

Sebagian orang mungkin belum mengetahui apa definisi atau pengertian dari Las listrik, tapi pastinya banyak yang sudah mengetahui kegunaan dari teknik Las listrik itu sendiri, karena pastinya sebagian dari Anda pasti sudah sering menjumpainya ataupun menggunakan teknik las listrik untuk pekerjaan yang menggunakan teknik las listrik. Teknik las listrik sendiri sangat membantu berbagai macam pekerjaan seperti dalam bidang konstruksi, perkapalan, perbaikan, dan juga pembuatan barang-barang logam yang mana hasilnya dapat kita temui disekitar kita. Nah berikut ini pengertian dari Las Listrik:

Las Listrik adalah salah satu cara/ metode yang digunakan untuk menyambung logam  dengan cara mengarahkan nyala busur listrik (elektroda) yang diarahkan ke permukaan logam yang akan disambung. Busur Listrik (elektroda) yang diarahkan tersebut nantinya akan mencair dan akan mengisi celah dari kedua logam besi yang akan disambung, sehingga menghasilkan penyambungan yang berlanjut.

Bagaimana cara elektroda yang digunakan Pada las busur/ listrik bisa menjadi penyambung logam? berikut ini cara kerja elektroda yang digunakan pada las listrik. Awalnya mesin las listrik mengalirkan arus listrik yang cukup besar tetapi dengan tegangan listrik yang aman (kurang lebih 45 volt), lalu busur listrik akan menimbulkan energi panas yang cukup tinggi mencapai suhu 5500 °C, sehingga akan mudah mencairkan logam yang terkena busur listrik tersebut. Sambungan terjadi karena kontak antara elektroda dan logam pengisi sehingga terjadi aliran arus, kemudian dengan memisahkan penghantar timbullah busur api yang membuat elektroda mencair dan diendapkan pada sambungan logam sehingga terjadi sambungan las.

Untuk elektroda sendiri ada tiga jenis yaitu elektroda polos, elektroda fluks dan elektroda berlapis tebal. 

  1. Elektroda polos terbatas pada penggunaannya yaitu untuk las besi tempa dan baja lunak dan biasanya digunakan polaritas langsung. 
  2. Elektroda fluks digunakan untuk menigkatkan mutu pengelasan menggunakan elaktroda polos. Fluks membantu melarutkan dan mencegah terbentuknya oksida-oksida yang tidak diinginkan. 
  3. Elektroda berlapis tebal merupakan jenis yang paling banyak digunakan dalam berbagai jasa pengelasan seperti bengkel las.
Nah demikian Definisi dari Las Listrik apabila ada kekurangan dari definis di atas, Anda bisa melengkapinya melalui kolom komentar dibawah. Terima kasih.

♦ Baca Juga: Definisi Las dan Teknik Pengelasan


No comments: