Thursday 9 May 2019

Definisi Las dan Teknik Pengelasan

Apa sih itu Las??? Las adalah suatu cara penyambungan logam dengan cara dipanaskan atau dibakar dengan suhu tinggi. Dalam beberapa referensi teknis ada beberapa definisi tentang Las, salah satunya sebagai berikut:
  1. Menurut Harsono dan Dkk (1991:1), Las adalah ikatan Metalurgi pada sambungan logam paduan yang dilakukan dalam keadaan lumer atau cair.
  2. Menurut Sriwidartho, Las adalah suatu cara untuk menyambung benda padat dengan cara mencairkannya melalui pemanasan.
  3. Menurut Suratman (2001:1), mengelas adalah salah satu cara menyambung dua bagian logam secara permanen dengan menggunakan tenaga panas.
Dari definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa Las/mengelas adalah suatu metode yang digunakan untuk menyambungkan 2 buah benda logam atau lebih dengan cara dipanaskan hingga menyambung.

Nah sekarang apa sih definisi atau pengertian dari Teknik Pengelasan??? Teknik pengelasan adalah suatu cara atau salah satu teknik untuk menggabungkan logam berbahan besi (padat), atau logam lainnya dengan cara mencairkan logam induk dengan logam pengisi (penyambung) dengan atau tanpa tekanan sehingga menghasilkan sambungan yang berlanjut.

Pengelasan sangat dibutuhkan dalam bidang konstruksi atau pembuatan barang-barang berbahan logam (besi), selain untuk pembuatan pengelasan juga dapat digunakan untuk perbaikan atau reparasi bagian-bagian barang yang kurang atau mempertebal bagian yang sudah aus.


Jika Anda membutuhkan jasa tukang las atau bengkel las di bekasi dan jakarta Anda bisa menghubungi Bengkel Las Metal Welding Indo. Ahlinya dalam bidang pengelasan listrik dan konstruksi baja ringan.



♦ Sumber: Wikipedia
♦ Sumber: Bengkel Las Metal Welding Indo

No comments: